FAQ

Apa beda petani dan peladang?

Peladang adalah lulusan muda agrikultur yang tugasnya mendampingi petani dalam tahapan planning - planting - growing - harvesting - post harvesting. Peladang juga wajib melaporkan dan berkoordinasi dengan tim agronomi Ladang untuk memastikan setiap proses dilakukan dengan sangat baik.

Petani adalah petani lahan yang sudah berprofesi sebagai petani belasan tahun dengan komoditas spesifik, baik yang memiliki lahan sendiri atau pun bekerja di lahan orang.

Apakah saya bisa mendaftar menjadi petani?

Petani yang kami pilih adalah yang sudah menekuni profesi belasan tahun dengan komoditas spesifik. Jika kamu belum punya banyak pengalaman banyak dalam bertani, sebaiknya mendaftar menjadi peladang.

Info pentingnya! setelah memegang beberapa projek ladang bersama Petani dan membuktikan etos kerja yang sangat baik, kami bisa mengarahkan kamu untuk mendaftar menjadi petani

Apa persyaratan untuk menjadi peladang?
  1. Semester akhir atau sudah lulus dari perkuliahan.
  2. Memiliki kemampuan dasar pertanian antara lain terkait:
    1. Dasar Teknologi Benih
    2. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman
    3. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
    4. Teknologi Perlindungan Tanaman Dari Gulma
    5. Manajemen Air dan Hara Tanaman
    6. Produksi dan Pengolahan Benih
    7. Teknik Budidaya Tanaman
    8. Pembiakan Tanaman
    9. Pasca Panen Tanaman Pertanian
  3. Diutamakan yang sudah pernah melakukan field project di pertanian untuk tugas perkuliahan.
  4. Diutamakan yang sudah pernah melakukan program pendampingan petani.
  5. Diutamakan yang punya projek tanam/menjadi petani sendiri.
  6. Diutamakan yang punya minat/keinginan tinggi menjadi petani muda.

Saya bukan lulusan pertanian?

Tidak masalah, selama memiliki kelebihan di poin field project, pendampingan petani, punya projek tanam/menjadi petani sendiri dan punya minat/keinginan tinggi menjadi petani muda.

Saya bukan lulusan agronomi?

Tidak masalah, selama memiliki kelebihan di poin field project, pendampingan petani, punya projek tanam/menjadi petani sendiri dan punya minat/keinginan tinggi menjadi petani muda.

Saya masih mahasiswa, apa bisa daftar jadi peladang?

Tidak masalah, selama memiliki kelebihan di poin field project, pendampingan petani, punya projek tanam/menjadi petani sendiri dan punya minat/keinginan tinggi menjadi petani muda.

Kalau saya tidak terpilih untuk interview?

Jangan khawatir, kamu bisa mendaftar lagi di www.ladang.id setiap Ladang membuka lahan di kota kamu dan kamu akan mendapatkan notifikasinya via email. Ada 2 kemungkinan:

  1. Bisa jadi lahan terdekat di kota kamu masih belum dibuka.
  2. Kamu harus memperkaya kemampuan di field project, pendampingan petani, dan punya projek tanam/menjadi petani sendiri.

Kalau saya tidak terpilih setelah interview?

Jangan khawatir, kamu bisa mendaftar lagi di www.ladang.id setiap Ladang membuka lahan di kota kamu dan kamu akan mendapatkan notifikasinya via email. Artinya kamu harus memperkaya kemampuan di field project, pendampingan petani, dan punya projek tanam/menjadi petani sendiri.

Kalau saya tidak punya lahan?

Ladang yang akan mengamankan lahan untuk projek tanam kamu dan petani. Bisa jadi menggunakan lahan petani yang bekerjasama dengan kamu atau lahan pihak ketiga.

Bagaimana saya bekerjasama dengan petani di projek tanam?

Bekerja sebagaimana seorang petani, kamu yang memandu dan mencari cara agar pekerjaan tani selesai. Bukan berarti kamu hanya memerintah karena bisa membuat kerjasama dengan petani rusak. Kamu harus bisa menerapkan teknik dan ilmu yang kamu pelajari secara langsung di lapangan. Berkomunikasi dan berkoordinasi dengan petani adalah kunci projek tani kamu dan petani bisa berhasil.

Apakah saya harus setiap hari standby di projek Ladang yang saya miliki?

Tergantung dari koordinasi kamu dengan petani. Idealnya, kamu mengatur waktu dan tahapan kamu harus turun ke lapangan sejak sebelum projek tanam dimulai. Jika kamu menghilang dan hanya muncul di akhir, dapat dipastikan petani tidak akan menerima kamu sebagai partner kerjanya.

Bagaimana sistem kerja sama di ladang.id, setelah saya terpilih menjadi petani muda?

Calon peladang silahkan melengkapi profil di www.ladang.id. Hanya jika data diri kamu dilengkapi, Ladang bisa mengirimkan informasi lebih lanjut bagaimana Ladang bekerja dan kamu bisa menjadi generasi petani muda selanjutnya.

Apakah projek ini untuk di semua wilayah Indonesia?

Kamu yang berada di 5 kota ini beruntung karena Ladang akan memulai projek tanam di 5 kota ini terlebih dahulu:

  1. Sukabumi
  2. Lampung
  3. Tebing Tinggi
  4. Kulon Progo
  5. Malang

Tapi, segera setelah 5 kota ini, Ladang akan membuka lahan di seluruh Indonesia.

Kapan Ladang.id buka lahan di kota saya?

Kamu yang telah melengkapi profil di www.ladang.id akan mendapatkan notifikasi ketika lahan Ladang sudah siap di kota kamu. Pastikan mendaftar ya

Pertanyaan saya belum terjawab?

Yuk, diskusi lebih lanjut di:
Instagram: @ladangindonesia
Twitter: @ladangID
Facebook: @ladang.id
Email: info@ladang.id